Bercelona Pecundangi Real Madrid 0-3

Barcelona berhasil memetik kemenangan 0-3 atas rival abadi mereka Real Madrid dalam laga bertajuk El Clasico pada pekan ke 17 di Stadium Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017). Dengan kemenangan ini, Barcelona kian kokoh di puncak klasemen dengan perolehan angkah 45 poin, unggul 9 poin dari Atletico Madrid yang berada di urutan ke dua. Sementara itu Real Madrid masih tetap beradi di posisi ke 4 dengan koleksi 31 poin, terpaut 14 point dari Barcelona.

Tiga gol kemenangan Barcelona dicetak Luis Suarez (54), Lionel Messi (64-Pen), dan Aleix Vidal (90 +3).

Tampil sebagai tuan rumah, Real Madrid mendominasi jalannya awal laga, mereka memenangkan penguasaan bola dan sempat mengurung Barcelona di areal pertahanannya sendiri. Baru menit ke 3, Christiano Ronaldo membuat publik Bernabeu bersorak setelah sundulannya yang berawal dari sepak pojok Toni Kroos masuk ke gawang Ter Stegen, tetapi sayang gol ini dianulir oleh wasit karena dirinya sudah berada dalam posisi offside. Dimenit ke 11 Real Madrid kembali mendapat peluang emas setelah Toni Kroos melepaskan umpan matang ke arah Ronaldo tetapi kembali peluang tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik. Di menit ke 18 kartu kuning pertama dipertandingan ini diberikan kepada Thomas Vermaelen setelah dia menjegal Luca Modric untuk meredam serangan balik Real Madrid.

Dominasi Real Madrid masih terus berlanjut, di menit ke 23 mereka kembali mendapatkan peluang emas, namun Ronaldo yang membawa bola terlalu memaksakan diri untuk melepaskan tembakan padahal Luca Modric tidak terjaga lini pertahanan Barcelona berdiri bebas di dalam kotak penalti.

Barcelona baru bisa memberikan gertakan balasan pada menit ke 30, peluang emas itu diperoleh oleh Paulinho gelandang asal Brazil melepaskan tendangan keras kearah gawang setelah mendapat umpan matang dari Lionel Messi. Tetapi sayang, tendangan tersebut masih dapat di tepis oleh kiper Keylor Navas.

Usai peluang tersebut, Real Madrid kembali mendapatkan peluang emas melalui serangan balik, Ronaldo berhasil mengecoh empat bek Barcelona dan melepaskan tendangan keras mendatar namun sayang tendangan tersebut mengenai kaki kiper Ter Stegen sehingga arah bola melebar sedikit dari gawang Barcelona.

Real Madrid lagi-lagi mendapatkan peluang emas pada menit ke 35, Ronaldo dan Benzema berhasil lolos dari jebakan offside dan melaju ke gawang barcelona, Ronaldo melepaskan umpan kepada Benzema, namun bola tersebut masih dapat dihalau oleh bek Barcelona.

Memasukin menit ke 38, Paulinho kembali memaksa Keylor Navas bekerja keras untuk menggagalkan sundulannya dari hasil umpan matang Lionel Messi. Empat menit berselang giliran Benzema yang membuat kacau pertahanan Barcelona setelah sundulannya hasil umpan silang Marcelo mengenai tiang gawang. Score kacamata menutup pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Barcelona tampil mengesankan. Mereka mulai dapat mengimbangi permainan Real Madrid. Pada menit ke 54 akhirnya kebuntuhan pecah, Luis Suarez menerima umpan tarik dari Sergi Reoberto , tendangnnya yang menyusur tanah tidak dapat dibendung oleh Keylor Navas, 0-1 untuk Barcelona. Unggul satu gol membuat Barcelona tampil semakin percaya diri, mereka kerap memberikan tekanan kepada kubu Real Madrid melalui serangan balik.

Pada menit ke 64 Real Madrid harus bermain dengan 10 pemain setelah bek Real Madrid Daniel Carvajal mendapat kartu merah karena menahan sundulan Paulinho dengan tangan didalam kotak pinalti. Wasit Jose Sanchez menunjuk titik putih. Messi yang menjadi algojo bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik, kedudukan 0-2 untuk Barcelona.

Barcelona menyempurnakan kemenangannya dengan gol dari Aleix Vidal pada masa injury time, menerima operan datar dari Messi, vidal dengan baik melakukan tembakan dari dalam kotak pinalti. 0-3 untuk Barcelona. Score ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain Kedua Tim :

Real Madrid (4-1-3-2): 1-Keylor Navas; 12-Marcelo, 4-Sergio Ramos, 5- Raphael Varane, 2-Daniel Carvajal; 14-Casemiro (20-Marco Asensio 72′); 8- Toni Kroos, 23-Mateo Kovacic (11-Gareth Bale 72′), 10-Luka Modric; 7- Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (6-Nacho Fernandez 66′)

FC Barcelona (4-4-2): 1-Marc-Andre ter Stegen; 18-Jordi Alba, 25-Thomas Vermaelen, 3-Gerard Pique, 20-Sergi Roberto (22-Aleix Vidal 90+2′); 8- Andres Iniesta (2-Nelson Semedo 77′), 5-Sergio Busquets, 15-Paulinho (21-Andre Gomez 84′), 4-Ivan Rakitic; 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi

Referee:
José Sánchez

Statistik Pertandingan :
Real Madrid – Barcelona
Gol                   : 0 – 3
Possesion         : 47% – 53%
Corner              : 7 – 7
Shots on target : 6 – 8
Offsides           : 5 -1
Foul                 : 13 – 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *